SEO Trik: 3 Plugin WordPress Super yang Dapat Jadi Andalan untuk Optimasi SEO Blog Kamu

Gambar : Colorlib.com

Saat ini WordPress merupakan salah satu cms terbesar dan paling banyak digunakan karena mudah dioperasikan, mudah dilakukan penambahan / edit terhadap codingannya, serta kemudahan untuk mendapatkan template yang unik & memikat mata secara gratis.

Hal ini terbukti dari banyaknya situs-situs dan jasa pembuatan website yang menyediakan template premium wordpress secara cuma-cuma. Tak jarang banyak orang mau menggunakan CMS WordPress sebagai pilihan mereka.

Nah bukan cuma itu, wordpress juga didukung oleh berbagai plugin yang tepat untuk blog kamu. Kalau kamu juga melakukan optimasi SEO pada blog wordpress kamu, tidak lengkap jika kamu enggak menggunakan 3 plugin ini.

Plugin Yoast SEO

Ini merupakan plugin yang sudah melanglang buana namanya dan terkenal seantero dunia para blogger di Indonesia. Plugin ini membantu kamu mengoptimasi meta title, meta deskripsi, permalink, focus keyword, dan berbagai fitur advanced lainnya yang terhubung dengan sosial media, meta robots index, hingga canonical url.

Semua paket lengkap optimasi SEO bisa kamu dapatkan dengan mudah hanya dengan 1 plugin ini. Kebayang bukan gimana mudahnya plugin ini bisa membantu kata kunci yang kamu targetkan/artikel kamu ada di halaman 1 Google?

XML Sitemaps Generator

Setiap blog, baik itu blog pribadi sampai blog bisnis franchise, yang dibuat tentu butuh yang namanya sitemap, hal ini berguna agar robot lebih mudah melakukan indeks terhadap seluruh halaman website.

Namun untuk membuat sitemaps ini enggak bisa sembarangan harus melalui serangakaian coding. Nah, di sinilah fungsi plugin XML Sitemaps Generator yang bisa men-generate secara otomatis semua halaman website yang ada sehingga dengan mudahnya blog kamu sudah mempunyai sitemaps dan bisa langsung diupload di Google Search Console.

Social Media and Share Icons (Ultimate Social Media)

Nah ini dia plugin terakhir yang enggak boleh kamu lewatkan.

Sekarang udah semakin banyak orang-orang yang menggunakan sosial media, dengan plugin ini artikel yang kamu buat di blog kamu bisa langsung di share ke sosial media yang terhubung dengan akun kamu sehingga berpotensi untuk mengundang orang ke blog kamu dan tentunya itu bisa menjadi sumber trafik yang baik bukan?

Gimana, udah lihat kan kehebatan wordpress dengan segala kelebihan yang dimilikinya? Itulah salah satu cara yang bisa kamu gunakan dalam melakukan optimasi SEO. Menurut Alfon, salah satu karyawan yang bekerja di perusahaan digital marketing agency Jakarta mengatakan bahwa untuk melakukan optimasi SEO di WordPress lebih mudah dilakukan karena sudah ada berbagai plugin yang bisa men-support optimasi yang dilakukan.

Jadi kamu enggak perlu bingung kalau mau optimasi SEO lagi karena sudah banyak plugin yang tersedia, dan kamu hanya tinggal memanfaatkannya dengan baik saja.