Dalam tulisan ini saya mau berbagai mengenai pengalaman saya ke malaysia – singapore kemarin. Beberapa orang menyangka budget yang dikeluarkan untuk ke luar negeri mahal, padahal ya gak mahal-mahal banget. Lebih mahal kalau misal pergi ke Lombok atau lebih jauh lagi misal ke Raja Ampat. Berapa sih budget yang telah kami keluarkan selama 4 hari kemarin? Hayoo tebak :D Yap sebenarnya bukan hemat-hemat banget sih pengeluaran kemarin, karena bawa si baby pastinya cari yang aman dan kenyamanan. Tapi sebenarnya masih bisa ditekan lagi budget yang dikeluarkan. Semisal dari penerbangan pakai yg low cost carriernya pas promo, menginapnya hanya di losmen, transportasi pakai jalan kaki dan train/bus, makan cari yg kedai murah dan lain sebagainya. Oke mungkin kami bisa bahas satu persatu detailnya.

Paspor

Bikinlah paspor jauh hari sebelum berangkat agar tidak terlalu mendadak dan meringankan kalau nanti berangkat. Karena apa? Kalau kamu sudah punya paspor kamu satu langkah lebih yakin bisa ke luar negeri. Dari kepemilikan paspor ini, bisa kelihatan mana yang memang berniat untuk berencana pergi ke luar negeri atau tidak. Biaya akan membengkak kalau kamu tunda-tunda, apalagi kalau kamu pergi dengan anak istrimu. Usahakan dari jauh hari mencicil membuat paspor terlebih dahulu. Tarif paspor baik anak maupun dewasa adalah 350ribu berlaku untuk 5 tahun.

Tarif Pesawat Jogja – Kuala Lumpur

Untuk tarif pesawat ini kamu harus pinter-pinter nyari pas promo 0 rupiah. Kalau pengalaman kemarin ke malaysia saya ambil tarif biasa yang relatif murah. Untuk sebuah tiket PP Jogja – Kuala lumpur kami mengocek Rp 1.950.000. Mahal ? Itu tarif dua orang dan 1 infant bagasi pulang pergi dan pesan makanan dalam pesawat serta pilih kursi depan. Kalau di rinci sih

  1. Tiket 2 orang dewasa Yogyakarta – Kuala Lumpur PP ……………………………………….. Rp. 942.000
  2. Tiket 1 orang infant Yogyakarta – Kuala Lumpur PP ………………………………………….. Rp.  300.000
  3. Bagasi 20kg PP ……………………………………………………………………………………………… Rp.  460.000
  4. Promo Booking makan di pesawat PP ……………………………………………………………… Rp.    60.000
  5. Promo 2 tempat duduk pesawat PP …………………………………………………………………. Rp.    80.000
  6. Fee tiket ………………………………………………………………………………………………………… Rp  108.000

Sedangkan budget yang dikeluar kan oleh teman saya Rp. 1.025.000

  1. Tiket 1 orang dewasa Yogyakarta – Kuala Lumpur PP ………………………………………… Rp 971.000
  2. Fee Tiket ……………………………………………………………………………………………………….. Rp 54.000

Nah dari sini sudah kelihatan kan perbandingan tarif, yap saya lupa pas waktu itu promonya apa, yang jelas waktu pas cek tiket AirAsia berdua 900.000 itu murah lalu eksekusi, karena dulu pas ke Singapore tarif segitu hanya untuk satu orang. Sedangkan teman saya itu saya ajak pas tidak ada promo, jadi tanggal menyesuaiakan keberangkatan saya yang sudah kami eksekusi lebih dulu di bulan September 2016, kalau teman saya eksekusi awal Januari 2017 setelah saya yakinkan dengan 3 juta kamu sudah bisa ke luar Negeri.  Saya sengaja membeli tambahan makanan, bagasi, tempat duduk demi kenyamanan keluarga. Kalau tidak ada tambahan dan pas promo, kami kemarin pesan lagi untuk tahun 2018 hanya merogoh kocek Rp.  271 ribu untuk satu orang tiket ke KL berangkat dari Jogja.

Tarif Pesawat Kuala Lumpur – Johor Bahru

Tadinya saya rencana cuma ke KL saja tapi rindu sangat suasana di Singapore, dan kebetulan ada promo lagi di Air Asia. hahaha. Saya lupa di bulan apa promo yang kami masih ingat kami order tiket bertiga cuma mengocek 200ribu dan apes nunggu promo selanjutnya gak dapat yang pas tanggal nya jadi yang perjalanan pulang dari JB ke Kuala Lumpur dikenakan tarif reguler. Dan yang jelas untuk PP ke kota ini saya bertiga dewasa dan anak saya merogoh kocek Rp. 1.250.000 dengan rincian sebagai berikut :

  1. Tiket 3 orang dewasa Kuala Lumpur – Johor Bahru …………………………….. Rp 190.000
  2. Tiket 3 orang dewasa Johor Bahru – Kuala Lumpur …………………………….. Rp 600.000
  3. Tiket 1 orang infant Kuala Lumpur – Johor Bahru PP ………………………….. Rp 300.000
  4. Fee Tiket …………………………………………………………………………………………. Rp 160.000

Penginapan di  Malaysia

Menghindari mahalnya penginapan di Singapore, kami sengaja membuat rute perjalanan tidak menginap di Malaysia. Kami start dari KL langsung terbang ke JB dan menginap di JB dan esoknya menyebrang ke Singapore, lalu langsung balik ke JB lagi sorenya dan melanjutkan ke KL. Balik lagi bahas penginapan ya, biar tidak melebar kemana-mana. Kamu bisa cari penginapan yang murah sampai mahal di Malaysia. Mulai dari seratusan ribu sampai jutaan rupiah. Namanya budget traveller pasti cari yang hemat ya, tapi karena berhubung dengan anak kecil ya kami tidak bisa menghemat-hemat sekali. Cara penghematannya dengan menyewa apartemen di Malaysia yang ruangannya luas, bisa terpisah menjadi dua bagian (karena nanti 1 ruang untuk keluarga saya, dan 1 ruang untuk teman saya).  Awalnya kami berencana untuk menginap di apartemen, baik waktu di Kuala lumpur maupun Johor Bahru. Namun karena di Johor Bahru saya hitung cuma istirahat 4-5 jam saja sepertinya percuma. Akhirnya kami memesan hotel bintang 3 di sekitaran Danga Bay, danga bay lebih dekat dengan JB Sentral jadi saya memilih disana. Di hotel Tune Danga bay saya merogoh kocek per kamarnya 250ribu per malam. Sebenarnya saya rugi karena tidak tidur disana, seperti yg saya sudah ceritakan sebelumnya. Kalau di apartemen Pertama saya sangat puas karena luas banget dan worth it ! Ceritanya itu saya sudah order hotel di sekitar masjid india selama 3 malam per malamnya 200ribu-an. Karena waktu itu belum ada opsi ke Singapore selain itu memprediksi masih bisa menaruh koper di Hotel, tapi setelah dipikir-pikir, demi efisien waktu, tenaga, dan materi, alhasil di bulan Oktober kami batalkan dan refund saya gunakan untuk membayar 1 apartemen di KL dan 1 hotel di JB dengan rincian sebagai berikut :

  1. 2 Kamar Tune Hotel Danga bay Johor Bahru 1 malam promo traveloka …………….. Rp 500.000
  2. 1 Apartemen Pertama Kuala Lumpur 2 malam promo airbnb ……………………………. Rp 750.000

Transportasi di Kuala Lumpur & Singapore

Transportasi hemat gunakanlah kaki dan bus/train haahahaha ya tapi bisa kempor tuh kaki kalau dipakai jalan mulu 4 hari 3 malam. Yap alternatif yang bisa digunakan adalah grab, tapi grab kamu akan lebih worth kalau kamu pakai promo kode dan kamu ada lebih dari 2 orang penumpang. Kamu bisa cari tahu promo kode dulu sebelum / pas berangkat ke sana. Akan lebih hemat kalau kamu hindari penggunaan KLIA Ekspress karena harganya lumayan mahal 2 kalinya dari penggunaan bus atau grab. Untuk 4 hari 3 malam dengan promo kode grab dan diselingi taksi pangkalan, serta KLIA ekspress, bus dan train kami merogoh kocek sekitar 600ribuan, dengan rincian sbb

  1. KLIA Ekspress untuk 1 orang promo ……………………………………………. Rp 160.000
  2. Grab promo, taksi pangkalan, bus, train ………………………………………. Rp 425.000
  3. EZLink Singapore saldo 5 SGD …………………………………………………… Rp 100.000

Makan di Malaysia

Makan di Malaysia relatif murah daripada makan di Jakarta, menurutku. Untuk hidup di kota besar ini kami menghabiskan Rp 1.150.000 untuk 3 orang dewasa dan 1 anak kecil selama 4 hari 3 malam. Kalau di rata-rata per hari gak sampai 200 ribu per orang . Katanya lebih murah dari Jakarta? loh tunggu dulu, pengeluaran ini akan lebih fair ketika saya jabarkan menjadi dua sisi, karena saya belanja makan dan jajan lebih banyak daripada teman saya, serta makan tidak sesederhana yang kami bayangkan (padahal juga sudah sederhana). Kalau di rinci lebih detail saya mengeluarkan hampir 900ribu untuk keluarga saya, sedangkan teman saya 300ribu-an. Apa sih yang kami dapatkan dari 300ribu-an tersebut  selama 4 hari 3 malam? Kuncinya hindari makan di Singapore :D karena kurs nya lebih mahal mengakibatkan agak terasa kalau dibandingkan makan di Malaysia. Makan di singapore sekali bisa 3 kali makan di Malaysia. hahahaha. Rinciannya seperti ini :

  1. Makan sore di McD 3 orang dewasa dan 1 infant …………………… Rp 150.000
  2. Sarapan di JB untuk 3 orang dewasa ……………………………………. Rp   70.000
  3. Makan sore di KFC untuk 3 orang dewasa …………………………….. Rp 230.000
  4. Makan siang di Burger King untuk 3 orang dewasa ……………….. Rp  120.000
  5. Makan malam di kedai thailand untuk 2 orang dewasa ………….. Rp   70.000
  6. Sarapan/makan siang di kedai nasi lemak pasar seni untuk 3 orang dewasa … Rp 120.000
  7. Makan malam di Jogja untuk 3 orang dewasa ……………………….. Rp 50.000

Kami memang makan tidak teratur, karena setiap porsi yang diberikan itu melebihi kapasitas perut kami, sehingga kami membungkusnya pulang. Ada pertanyaan nih misalnya kenapa tidak makan malam setelah dari JB? Karena pas waktu di KFC itu sisa makanan lumayan banyak. 1 porsi makanan berisi 2-3 ayam sehingga rata-rata masih menyisakan 1 porsi ayam. Lalu dibungkus lah dengan plastik hitam (untung istri bawain) dan masukkan tas :D. Lalu kenapa tidak sarapan pas hari ketiga ? Ya sebenarnya sarapan di apartemen, nah ini tips ya buat temen-temen, jangan lupa bawa pop mie dan energen, atau minuman sachet untuk menghemat pengeluaran makan/minum. Kenapa tidak makan malam di hari ke tiga? Kalau saya dan teman sih tetap makan karena memang sudah keroncongan waktu itu, nyari makan di alor street gak ada yg sreg, ya sudah makan malam di depan apartemen, kalau istri saya entah makan apa, sepertinya kecapekan langsung tidur.

Lain Lain

Lain-lain ini sifatnya relatif dan tergantung situasi. Mungkin lain lain yang wajib dibeli adalah kartu sim. Kalau kamu berdua cukup membeli satu saja, karena hape jaman now bisa teatring ke HP yang lain. jadi lebih hemat kan? Nah kartu sim saya beli di Singapore seharga 15 sgd sekitar 150ribu, beruntung bisa dipakai juga roaming ke Malaysia. Jadi lumayan irit sih 150 ribu bisa untuk 2 hari selanjutnya di Malaysia. Tetapi kamu akan lebih murah kalau beli di malaysia, tarifnya paling bervariasi dan tidak melebihi dari 150ribu, tapi saya tidak tahu apakah bisa digunakan roaming juga ke Singapore? Yak mungkin bisa saya simpulkan bahwa ke luar negeri itu tidak mahal, tergantung kitanya, kita pergi pas promo, apa-apa pas promo pokoknya lah. Jadi coba kita estimasi ulang berapa biaya per orangnya? Saya ambilkan dari pengeluaran teman saya, karena kalau di ambilkan dari pengeluaran saya, saya ada bayi dan istri, jadi keperluannya terlalu banyak.

Total Pengeluaran per orang (tiket pesawat Jog-KL,JB-KL non promo)

Paspor ………………… Rp 350.000

Tiket pesawat PP ………. Rp 1.275.000

Penginapan ……………… Rp 600.000

Transportasi …………….. Rp 700.000

Makan (2-3 kali sehari )….. Rp 325.000

Kartu SIM …………….. Rp 150.000

Total Rp. 3.400.000 (belum termasuk oleh-oleh)

nol rupiah Air Asia. Yogyakarta ke Kuala Lumpur untuk dua orang

Nah itu kurang lebih pengeluaran total belum termasuk oleh-oleh, dan itu tiket pesawat masih yang non promo. Kalau kamu bisa dapatkan harga promo seperti saya 270ribu-an seperti gambar di atas ini, kamu bisa hemat sampai ratusan ribu buat membelikan oleh-oleh. Dan kalau kamu mau tidur yang kamar lebih murah kamu bisa menghemat lebih lagi untuk membeli souvenir atau pijat di Bandara sambil menunggu jadwal penerbangan. Tapi kalau saya rasa perjalanan kemarin adalah bukan budget traveller karena tinggal di apartemen, pesawat ada yang non promo hehe tapi kurang puas karena dalam perjalanan terburu-buru, tidak enjoy sewaktu honeymoon di Singapore (ya iyalaaaaah). Kurang lebih itu jawaban dari pertanyaan temen-temen saya yang masuk di chat saya, daripada menjawab satu per satu lebih baik baca saja ini ya :D Semoga bermanfaat.

Written by 

2 thoughts on “Budget Traveller ke Malaysia – Singapore 4 Hari 3 Malam”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *