Seseorang lebih mudah dikenal karena keunikannya, begitu juga dengan profil dan bisnis Anda. Salah satu cara untuk memperkenalkan profil diri maupun perusahaan yang sekarang ini banyak digunakan ialah kartu nama. Saat ini kartu nama digunakan oleh hampir semua orang dari berbagai bidang pekerjaan dan skala usaha.

Di dalam dunia bisnis atau dunia kerja, kartu nama merupakan sarana paling tepat, efektif, dan efisien untuk mendongkrak ‘nilai jual’ bisnis seseorang. Akan tetapi tidak semua kartu nama berhasil menarik minat dan perhatian klien potensial. Padahal, tujuan dibuatnya kartu nama ialah sebagai sarana promosi yang mampu memikat semua orang yang menerimanya.

Pernahkah Anda berpikir ketika Anda memberikan kartu nama kepada seseorang, bisa saja dia telah menerima puluhan kartu nama yang salah satunya mungkin memiliki desain yang mirip dengan kartu nama Anda, atau memiliki kesamaan profesi dengan dengan Anda? Karena itu Anda membutuhkan kartu nama unik dan menarik untuk keluar dari ‘keramaian’. Bentuk yang unik dan menarik ini merupakan salah satu strategi untuk menjadi pusat perhatian sekaligus meningkatkan citra pemiliknya.

Cetak kartu nama yang unik dan menarik memang penting, meski demikian esensi dari fungsi kartu nama itu sendiri harus tetap dijaga. Berikut 7 tips untuk menciptakan kartu nama unik dan menarik:

  1. Gunakan Prinsip Desain yang Baik

Kartu nama merupakan bagian dari bahan cetak seperti yang lain. Karena itu, prinsip-prinsip dasar desain berbasis kertas juga berlaku untuk kartu nama:

  • Gunakan standar resolusi yang baik untuk cetak kartu nama Standar resolusi yang baik adalah 300 dpi.
  • Gunakan ukuran tipografi yang tepat untuk mempertahankan keterbacaan.
  • Pastikan mode warna artwork sudah dikonversi ke CMYK dan bukan RGB. CMYK adalah model warna subtraktif, yang bekerja dengan masking warna pada latar belakang terang atau putih, mengurangi jumlah dan warna cahaya yang dipantulkan oleh kertas.
  • Banyak desainer merasa terbantu dengan adanya grid untuk mengatur komposisi objek visual dalam pembuatan kartu nama. Grid dapat membantu Anda untuk mencapai hirarki yang tepat serta memastikan keselarasan desain anda.
  1. Menentukan Isi

Menentukan isi juga penting untuk cetak kartu nama unik. Mengingat bentuknya yang kecil, materi yang dimasukkan harus ringkas namun informatif. Cukup sertakan informasi yang penting dengan menggunakan kalimat yang singkat, padat, dan jelas. Kartu nama yang memuat terlalu banyak informasi akan terlihat tidak profesional, bukan?

  1. Hindari kesalahan umum

Ada beberapa kesalahan umum dalam merancang kartu nama yang sering dilakukan desainer tanpa mereka sadari. Salah satunya adalah tidak menggunakan bleed. Bleed adalah daerah pinggir area gambar yang berfungsi untuk mengantisipasi ketidak akuratan pada saat proses akhir cetak kartu nama (produksi akhir), baik pemotongan secara manual maupun menggunakan mesin. Bleed sangatlah penting guna menghindari ketidakrapian pada hasil desain.

  1. Gunakan ‘Sentuhan’ Khusus

cetak kartu nama

Ini adalah cara instan yang terbukti ampuh untuk menciptakan kartu nama unik dan menarik, yang membuatnya lebih menonjol dari yang lain. Anda bisa memberikan sentuhan khusus seperti lapisan anti gores, tahan air, efek glossy, dan lain sebagainya. Mungkin ini bisa membuat pengeluaran untuk cetak kartu nama Anda membengkak. Namun, tentu itu sebanding bila dilihat dari prospek yang ditawarkan. Untuk mendapatkan lebih, Anda harus memberikan lebih.

Tempat percetakan yang berbeda menawarkan hasil akhir yang berbeda pula. Jangan sampai Anda keliru memilih tepat cetak kartu nama. Ada baiknya Anda mengkonsultasikan hal ini dengan mereka terlebih dahulu sebelum Anda membuat keputusan.

  1. Gunakan Bahan yang Tidak Biasa

Kebanyakan orang lebih memilih untuk cetak kartu nama pada kertas. Untuk membuat kartu nama unik, Anda juga bisa menggunakan bahan yang tidak biasa. Anda dapat bereksplorasi dengan berbagai bahan yang mudah diapatkan dan tidak mudah rusak. Jika Anda tertarik, cobalah cetak kartu nama Anda pada bahan-bahan seperti mika, logam, karet, kayu, kulit, atau yang lainnya.

Selain kesan unik yang Anda dapatkan, identitas pekerjaan Anda dapat diwakili dengan bahan, bentuk dan fungsi kartu nama yang Anda gunakan. Beberapa desain yang paling berkesan menggabungkan bahan, fungsi serta bentuk. Jika Anda mampu menggabungkan ketiga hal tersebut dengan baik, kartu nama Anda akan punya nilai dan fungsi lebih. Mungkin beberapa kartu nama unik di bawah ini bisa menginspirasi Anda.

kartunamaunik

kartunamaku

  1. Mendaur Ulang

kartunamaKartu nama yang sudah tidak terpakai, kartu pos atau kemasan dapat Anda gunakan kembali dan diberi kehidupan baru sebagai media cetak kartu nama Anda. Daur ulang merupakan bentuk kecintaan Anda terhadap lingkungan dan dapat memungkinkan Anda untuk mengekspresikan kreativitas Anda dengan cara unik dan menarik.

  1. Periksa Kembali Desain Anda

Tip ini berlaku untuk semua pekerjaan percetakan, penting untuk mengecek ulang hasil pekerjaan anda. Saat desain kartu nama siap cetak, pastikan Anda memeriksa ulang setiap detailnya. Jangan sampai ada kesalahan pengetikan atau kesalahan-kesalahan lain yang baru anda sadari setelah kartu nama Anda selesai dicetak. Periksa dua kali, cetak kartu nama sekali jauh lebih baik dari pada sebaliknya!

Written by 

13 thoughts on “Cara Cetak Kartu Nama Unik dan Menarik”

  1. I enjoy, result in I discovered exactly what I used to be having a look for.
    You have ended my 4 day long hunt! God Bless you man. Have a
    great day. Bye

  2. What’s Going down i’m new to this, I stumbled upon this I’ve discovered
    It absolutely useful and it has aided me out loads. I hope to give a contribution & assist different users like its helped
    me. Great job.

  3. Hi everyone, it’s my first go to see at this web site, and paragraph is truly fruitful in support of me, keep up posting
    these types of content.

  4. Undeniably consider that that you stated. Your favorite justification appeared to be on the web the simplest thing to have
    in mind of. I say to you, I certainly get irked at the same time as folks consider concerns that they plainly don’t recognize
    about. You managed to hit the nail upon the
    highest and defined out the entire thing without having side-effects , other people could take a signal.
    Will probably be again to get more. Thank you

  5. When I originally commented I clicked the “Notify me when new comments are added”
    checkbox and now each time a comment is added I get
    several emails with the same comment. Is there any way you
    can remove people from that service? Thanks!

  6. Great goods from you, man. I have have in mind your stuff
    previous to and you’re just too great. I really like what you have received right here, really like what you’re stating and the way
    wherein you assert it. You make it entertaining and you still
    care for to stay it smart. I cant wait to learn far more from you.
    That is really a great site.

  7. Hey there! I know this is kinda off topic
    however , I’d figured I’d ask. Would you be interested in trading links or maybe guest authoring a
    blog post or vice-versa? My website covers a lot of the same subjects as yours and I feel we
    could greatly benefit from each other. If you might be interested feel free to send me an email.
    I look forward to hearing from you! Superb blog
    by the way!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *