Cara Mengatasi Payment paypal yang Dispute

Halo Blogger !

Pasti banyak yang sebal karena paypal despute, nah disini saya ingin membagikan tips mengatasi payment paypal yang dispute dan di hold oleh paypal. Sebelum menginjak ke cara, ada baiknya kita tahu, mengapa payment kita di dispute atau di hold oleh paypal. Menurut pengalaman saya yang pernah saya jumpai, ada dua macam despute. Dispute karena pengiriman yang tidak syah, dan pengiriman yang di cancel / tidak dikehendaki oleh pengirim. Sebenernya siapa yang salah kalau paymentnya kena dispute?  Only god who knows.

Keduanya memang sering dijumpai, dispute karena pengiriman yang tidak syah itu yang dimaksudkan begini, ketika si pengirim mengirimkan dana paypalnya ke pada si penerima. Paypal mendeteksi adanya perbedaan IP, untuk menjaga account pengirim, untuk sementara payment di hold dulu oleh paypal. Selama di held paypal, anda suruh memberikan respon yang akan dibahas nanti. Biasanya hukumannya di held untuk sementara waktu. Dan akan completed kurang lebih tujuh hari, menurut pengalaman saya saat bertransaksi pulsa murah di IKIEE CELL.

Nah, dispute yang kedua tentang pengiriman yang di cancel / tidak dikehendaki oleh pengirim. Payment seperti ini yang sangat tidak bertanggung jawab. Maksudnya? Ya misal si pengirim mengirim dana, setelah beberapa minggu, pengirim mengajukan despute dengan berbagai alasannya ( alasannya macem – macem ). Tipe despute ini yang di benci si penerima / pihak korban, karena bisa dijadikan penipuan. Karena saya pernah jadi korban ini, pembayaran paypal tentang ebook cara membuat vcc di dispute :(

Kita masuk ke cara mengatasi payment paypal yang dispute, pertama, usahakan rilex, ga usah panik. Anda sebagai penerima maupun pengirim harus saling berkomunikasi. Karena kuncinya komunikasi dua arah. Dengan komunikasi, apapun yang terjadi bisa diatasi bersama sama dengan baik.

Untuk si penerima dana / korban . Langkah kedua yang diambil, masuk ke resolution center, lalu lihat gambar dibawah ini, ada dua contoh despute, untuk yang unauthorized itu despute yang kedua saya bicarakan tadi, dan yang  Inquiry by PayPal (temporary held ) itu payment dispute yang pertama dibicarakan :

Klik respon, nanti ada 4 pilihan. Berikut pilihannya.

  1. I have not shipped the item yet.
  2. I shipped the item(s) and can provide tracking information.
  3. The buyer has already been refunded and I can provide proof of the previous refund.
  4. None of these options apply to me.

Silahkan merundingkan kepada pengirim, siapa yang ingin menang dispute dalam payment ini. Kalau saya sih mending, pengirim yang menang, lalu suruh kirim ulang payment setelah urusan dispute completed. Bagaimana caranya agar pengirim menang? Agar nggak repot, pilih aja pilihan pertama. Saya belum mengirimkan barangnya.

Lalu anda akan menghadapi sebuah form dimana ada isinya alamat, keterangan, dan nomer telephone. Alamat itu isikan ke alamat pengirim, tanyakan terlebih dahulu kepada pengirim. Keterangan isikan bahwa anda belum mengirimnya, dan paypal akan merefund uang anda, tapi pake bahasa inggris ya. Isikan nomer telephone anda. Kirim. Status akan berubah menjadi being reviewed by paypal.

Dan sabar, tunggu beberapa hari, pada pengalaman saya sih 7 hari sudah completed dan refunded ke pengirim. Bagaimana tugas pengirim saat paypal dispute? Pengirim cuma liat statusnya sampe mana si buyer ini merespon, jadi ga usah ngelakuin apa – apa.

Bagaimana kalau memilih nomer 2,3 dan 4 ? Ya boleh aja sih, tapi agak repot lho, suruh kasih tracking id shippingnya. misal nomer resi JNE beserta scan nya. Selamat mencoba !

16 Replies to “Cara Mengatasi Payment paypal yang Dispute”

  1. Pak gimana caranya mengatasi scammer ???jadi saya beli balance ke dia berupa rupiah dan dia transfer ke saya berupa dollar ke paypal setelah beberapa jam transaksi sukses/complet nah dia refund uang yg dikirm ke saya,,, apakah dengan saya mengikuti petunjuk di atas dan dia gak mau ngirim uangnya kembali apa bisa dalam 7hari complet??? terima kasih Pak

    1. jangan ikuti petunjuk diatas kalo ga ada komunikasi yang baik antara buyer and seller. Coba jadi orang yang tegas terhadap scammer dan penipu, coba tempuh jalur hukum kalau perlu

  2. Saya mengalami  dispute yg pertama (temporary hold)  gan (gara2 jualan wallpaper ), gmn solusinya?
    mohon dibantu…

  3. mas kalau si pengirim gak mau nerima balik uang kita gimana mas..??soalnya katanya dia jadi kena limit paypalnya..apa tidak akan bermasalah dengan paypal saya kalau tidak merespon..??

    bales ke email yah mas…

    1. @ egie anda sebagai penjual apa pembeli??? soalnya saya gak paham alur cerita anda .. mohon diperjelas, insya allah saya bisa berikan solusi. Untuk masalah tidak merespon biasanya payment yang di hold akan kembali ke account yang ngirimin $$..

  4. saya baru beli pp balance awalnya baik2 aja..trus brapa jam kmudian status pembayarannya temporary held by paypal..
    trus ane obrolin masalah ini sama penjualnya,trus punya dy tnyata kna limit n negative balance…kira2 solusinya gimana tuh mas?tolong bantuannya

Comments are closed.