Halo sobat ?

Setelah kemarin berbahas english dengan grammar dan vocab yang amburadul, akhirnya saya malu dan kembali ke bahasa asal saja yah, bahasa Indonesia :D. Disini saya mau share tentang plugin lagi, today bahas tentang Google translator plugin aja. Plugins ini khusus wordpress saja ya :). Apa manfaatnya nih plugin? Manfaat utamanya adalah mentranslatekan atau menerjemahkan ( menterjemahkan ) artikel anda dengan sekali klik icon bendera negara di blog anda, tanpa keluar dari blog anda, so jangan kuatir tuh plugin ngelink url lain. Plugin ini tersedia lebih dari 30 bahasa lho. Manfaat lainnya adalah SEO Friendly. Kenapa SEO friendly ? Ya, hasil terjemahan artikel anda nantinya akan disave di directory blog anda, yang alhasil akan dicrawl oleh paman gugle dan kawan – kawannya ( pesaingnya juga ). Dampaknya, disk space anda membengkak tapi anda jangan kuatir, anda bisa menghapusnya ( clear ) di dashboard admin anda atau langsung ke dalam directory plugins global translator anda.

Penasaran pengin nyobain nih plugins ya? Tapi ingat, ini khusuus buat plat wordpress yang bukan penumpang plat kuning wordpress.com. Caranya begini neh, Pertama tuh Download dulu tuh plugin, namanya Global Translator, anda bisa mencari lewat google atau langsung klick Download disini, lalu seperti biasa ya, di upload ke direktori plugin webhost anda atau di http://yourdomain/wp-admin/plugin-install.php. Aktifkan pluginsnya di dashboard admin anda.

Bagaimana menampilkannya? Cara menampilkan ada dua cara, yakni melalui widget di sidebar atau di artikelnya langsung, kalau pengin di artikelnya langsung anda harus nambahin nih code dibawah artikel post atau page anda. Ini codenya ya, tinggal copas ( copy paste ) saja kok : <?php if(function_exists("gltr_build_flags_bar")) {gltr_build_flags_bar(); }? >
Belum tau caranya ngedit file page dan single post.php nya? Baca artikel tentang wordpress. Kalau inginnya pake sidebar widget, tinggal masuk widget dan add global translator :)

Silahkan ber SEO ria dan percantik wordpress anda dengan plugins. :)

Written by 

26 thoughts on “Global Translator Plugin”

  1. Nice post bro, gw mau pake global translator di blog tapi kok pas di klik muncul tulisan

    Unable to complete Global Translator initialization. Plese make writable and readable the following directory:

    * /home/baiklah1/public_html/wp-content

    Itu kenapa ya bro? Mohon pencerahannya :)
    .-= Ray´s last blog ..Hello world! =-.

    1. oh itu karena folder dan file nya kagak writable, cobalah mengganti chmod menjadi 777.

      terus jeleknya pake global translator ini cache nya bikin space makin tipis aja :(

      so sering2 hapus aja cache global translator ini biar ga overspace.

      terima kasih dah berkunjung

    1. kita disini beljar mas, saya juga nwebie.

      caranya masuk cpanel lalu file manager. nah cari tuh folder yang tidak writable tadi. ubah file permissionnya ( biasanya ada angka angka di bagian paling kanan ) menjadi 777, serta semua isi di dalam folder tersebut.

      semoga membantu.

  2. bagus sich plugins Global translator tapi saya lebih suka buat sendiri dan modifikasi translator. nggak penerjemah blog tanpa plugin lebih bagus nggak ganggu space disk hosting….

Leave a Reply