Tips Memilih Webhosting Yang Cocok Untuk Bisnis Anda

Halo Sobat !

Bagaimana kabar? Maaf sudah seminggu saya tidak memberikan tips dan trick maupun blogwalking ke blog temen – temen karena sedang dilanda krisis finansial. Seperti halnya negara – negara yang sedang dilanda krisis global.

Setelah anda memiliki panduan memilih domain yang sesuai di bidang bisnis anda. Sekarang anda butuh tempat untuk menampung data – data dan file – file anda. Dalam bidang Internet sering dinamakan dengan Hosting. Hosting adalah salah satu hal yang harus ada dalam blog / atau situs anda.

Hosting sangat penting dalam situs usaha anda, karena ini bisa berhubungan langsung dengan pengaksesan situs anda. Dalam webhosting ( situs penjualan host ) ada 2 macam server hosting. Kedua macam tersebut adalah :

  1. Server hosting di IIX ( Indonesia Internet Exchange )
  2. Server hosting di USA ( Luar Negeri )

Tips yang harus anda perhatikan saat memilih hosting sesuai bisnis anda yaitu :

  • Perhatikan target market ( pemasaran ) anda, Jika anda menginginkan traffic anda sebagian besar dalam negeri, maka anda saya rekomendasikan memilih server di Indonesia ( IIX ), fungsinya adalah kecepatan akses di situs anda akan lebih cepat kalau sesama negeri ( tanpa roaming kalee ) :)) . Lain halnya kalau anda banyak pengunjung dari luar negeri, maka anda sebaiknya menggunakan server yang berlokasi Luar negeri saja ( Sesuai target pengunjung anda )
  • Besarnya Kapasitas ruangan ( space available ). Hal ini sangat di perlukan, karena ini ibarat harddisk pada komputer anda yang menyimpan semua file – file anda. Sesuaikan menurut kebutuhan anda.
  • Besarnya bandwitch yang diberikan. Biasanya membeli hosting sudah paketan dengan bandwitch tiap bulannya dan space nya, sehingga anda tidak perlu membeli bandwitch lagi. Namun jika bandwitch anda kurang ( tidak cukup ), anda bisa membeli bandwitch tambahan. Bandwitch yaitu data transfer yang diberikan webhosting kepada pengunjung anda, semakin banyak pengunjung, semakin banyak pula bandwitch yang diperlukan.
  • Fasilitas yang diberikan webhosting, misalnya mail, FTP, Php, MySQL, CPanel dan fantastico, backup daily dan yang lain sebagainya. Oh ya mengulas sedikit tentang fantastico yaitu fasilitas yang diberikan webhosting untuk menginstall bermacam – macam script CMS ( Content Management System ) seperti WordPress, Joomla, Drupal dan sebagainya. Sehingga fantastico ini memudahkan anda untuk membuat situs / blog dengan beberapa menit. Tinggal isi form dan click install.
  • Cari webhosting yang uptime. Anda tidak mau kan situs / blog / website anda yang down seharian???
  • Harga yang terjangkau. Harga sangat penting bagi anda kan? Tapi ingat, murah belum tentu bagus lho. Anda sebaiknya mencari – cari review webhosting, mencari directory webhosting yang mengulas tentang plus minus webhosting, atau tanya – tanya kepada teman – teman anda yang sudah pernah hosting disana – sini. Dan bandingkan hasilnya.
  • Track Record wehosting yang bagus. WebHosting yang bagus adalah hosting yang banyak direkomendasikan blogger atau perusahaan internet.
  • Yang terakhir paling sepele namun ini sangat membantu anda untuk mengatur maupun menanyakan sesuatu terhadap pihak webhosting. Ya ! Technical Support itu penting banget ! Minimal ada live chat atau Ticket System untuk komunikasi anda dengan pihak webhosting anda.

Kemungkinan anda sudah tahu tentang tips trick ini, namun masih banyak orang yang kecewa dan merasa tertipu setelah membeli hosting karena hal – hal sepele seperti di atas, dan jangan tergiur yang paling murah dan jangan sampai anda dibohongi oleh tipu daya muslihat webhosting. Apalagi terkena scam webhosting ! ANTI SCAM here ! So, Please Read Buying Guide WebHosting !

Sekian, Kalau ada waktu saya akan mencoba memberikan rekomendasikan perusahaan webhosting dan domain pada posting yang akan datang. Atau baca tips saya yang lain disini. That’s All. See You !

Happy Blogging And Internet Business !

Download ebook pendukung berikut

Ebook BelajarBisnisInternet
Dapatkan Ebook BelajarBisnisInternet Gratis disini
www.dekrizky.com

server hosting

24 Replies to “Tips Memilih Webhosting Yang Cocok Untuk Bisnis Anda”

  1. hosting XII atau lebih dikenal hosting dengan server yang berada di indonesia mayortas harganya lebih mahal. kanapa? kalau kita berada di indonesia dengan target pasar indonesia juga maka web / situs kita akan lebih lancar bila diakses dari indonesia dan pelanggan dari indonesia pun bisa merasa cukup puas dengan akses yang cepat ke web kita :) maaf kalau saya salah

    Riannarey’s last blog post..Lomba SEO Tukang Nggame

  2. yup betol, soal harga hosting jadi pertimbangan utama, soalnya namanya bisnis modal dikit pengen untung gede, makanya mpe skr saya masih enjoy gunain hosting gratisan! hehe

  3. Iya..bnr juga tuh, kalo utk yg ngedukung SEO itu apa emang mahal yach? krn aku juga jualan via internet neh, lagi nyari SEO yg manjur, Ya Alhamdulillah masih dapat plugin2 aja, ngembanginnya yg agak susah ya, nunggu waktu lama, kalo yg langsung cpt naik peringkat gt dimana ya?
    .-= Arifin´s last blog ..Easiest Paypal Payment and Secure Transaction =-.

  4. bagus banget infonya… tapi tetep aja saya msh bingung milih hosting yang bagus :( soalnya trik penjualannya sekarang udah aneh2 semuanya

Comments are closed.